Test Footer

Home » » 5 TIPS MENGATASI MASALAH DENGAN LOGIKA DAN PERASAAN

5 TIPS MENGATASI MASALAH DENGAN LOGIKA DAN PERASAAN


5 TIPS MENGATASI MASALAH DENGAN LOGIKA DAN PERASAAN

Assalamualaikum sobat aloneartikel, pada kesempatan kali kita aloneartikel masih membahas ulasan mengenai logika vs perasaan, mengapa demikian? Karena keduanya sering kita jumpai, alami dan rasakan dalam kehidupan kita sehari-hari, sebab dua hal ini yaitu: logika & perasaan bersatu dalam manajemen stress. Dalam kata lain ulasan ini sangatlah puenting bagi kita semua. Entah itu dalam hal memecahkan masalah, berkomunikasi, bersosialisasi dan bahkan sampai hal yang paling urgent yaitu dalam hal pengambilan keputusan. Mungkin kita sering dibuat pusing karna pemecahan/ solusi dari permasalahan yang kita terima, hadapi, atau diminta oleh seseorang mungkin bisa teman, sahabat, keluarga atau bahkan sampai masyarakat, ketika mereka tertimpa suatu masalah dan mereka menyerahkannya kepada kita karna mereka menganggap kita bisa memecahkan masalah tersebut, belum lagi masalah kita sendiri. Tapi sobat aloneartikel nggak perlu khawatir karna artikel ini tentang teori pemecahan masalah menggunakan logika dan perasaan yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, cekidott!!


   5 TIPS MENGATASI MASALAH DENGAN LOGIKA DAN PERASAAN
Dalam setiap melakukan aktivitas itu tentunya terdapat berbagai masalah yang dihadapi, baik atau buruk resikonya tetep harus diselesaikan dengan bijak. Nah, sekarang admin aloneartikel ingin menyambut teman-teman sekaligus memberikan beberapa tips tentang bagaimana menemukan sebuah pemecahan masalah dengan menyatukan antara logika dan perasaan. Ini bukan maksud untuk menggurui tapi ini berdasarkan teori dan pengamatan saya.

Dalam melakukan segala hal, misalnya saat berkomunikasi, menghadapi masalah, mengambil keputusan, menjalin hubungan (baik relasi kerja,  pertemanan atau hubungan asmara), wanita selalu dikaitkan dengan perasaan sedangkan pria dikonotasikan dengan logika. Ada yang bilang kalau pakai logika, melukai perasaan, akan tetapi kalau pakai perasaan dipermainkan logika. Gimana ya kira-kira? Kenapa bisa begitu?

Ketika mendapat masalah wanita cenderung melampiaskan perasaannya dan emosinya kepada orang lain dengan cara curhat. Sedangkan pria lebih cenderung memendamnya dan mencari cara untuk melupakannya. Hal tersebut dikarenakan pria cenderung berfikir menggunakan otak sebelah kiri (logika) sedangkan perempuan menggunakan otak sebelah kanan (perasaan).

Salah satu tahapan (tahap ketiga) dalam mengukur sebuah teori kepribadian atau yang biasa dikenal sebagai MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) atau lebih kerennya yaitu Thinking vs Feeling.

  
APAKAH MAKSUDNYA Thinking vs Feeling?
Orang berkarakter Thinking biasanya lebih cenderung menggunakan logika dalam menghadapi suatu masalah. Mereka lebih dipengaruhi oleh kepala ketimbang hati. Mereka juga cenderung impersonal dan objektif. Orang berkarakter Thinking umumnya lebih suka memberikan kritik dari pada pujian kepada orang lain. Inilah yang membuat mereka dipandang dingin oleh orang-orang karena analitis.

Sedangkan seseorang dengan karakter Feeling adalah seseorang yang cenderung menggunakan perasaan dalam menghadapi suatu masalah. Mereka lebih dipengaruhi oleh hati ketimbang kepala. Biasanya, dalam menilai orang mereka cenderung subyektif. Dari pada memberikan kritik, mereka lebih suka memberi pujian pada orang. Mereka sering dianggap lembut karena tidak mau melukai perasaan orang lain.

                                          Taktik Memecahkan Masalah Dengan Logis:

Taktik 1: Mendefinisikan Istilah Anda
Banyak masalah yang datang itu cukup kompleks, sehingga orang cukup kesulitan untuk memecahkannya. Dengan berfikir logis sesuai taktik pertama yag cukup umum dengan mendefinisikan konsep-konsep tersebut, sehingga dapat terpecahkan. Dengan mengganti kompleks dengan kombinasi dari konsep-konsep sederhana, kita dapat memahami buah apa yang terlibat dalam masalah.

Taktik 2: Membagi Dan Menakhlukkan
Ketika menghadapi masalah serius, bagilah masalah tersebut menjadi bagian-bagian kecil. Lalu pecahkan bagian kecil tersebut satu per satu, kemudian sinkronkan bagian-bagian kecil tersebut sehingga masalah asli bisa terpecahkan.

Taktik 3: Mencari Pola
Permasalahan yang jarang adalah masalah subjek yang benar-benar unik. Biasanya ada pola konsep dan interaksi. Dengan memahami pola-pola ini, kita dapat mengambil pelajaran dari satu bidang dan menerapkannya pada bidang lain.

Taktik 4: Menggambar-Gambar
Gambar yang dimaksud adalah gambar yang dapat digunakan untuk menunjukkan hubungan yang menurut anda sulit dijelaskan. Dengan menciptakan gambar, baik secara fisik dan imajinatif, ide dapat dinyatakan dalam cara yang melampaui kata-kata. Gambar memungkinkan kekuatan dan energi emosi terjalin antara kejelasan dan kejelasan logika, sehingga gambar itu lebih dari sekedar cara berkomunikasi dan cara yang logis dalam penyelidikan. Tentu saja,  anda tidak perlu membuat gambar seperti seorang pelukis, yang perlu anda lakukan adalah mengutarakan maksud hati anda dalam simbol-simbol saja.

Taktik 5: Ambil Sikap Untuk Selalu Fokus Pada Target
Ketika menyelesaikan masalah kita harus selalu tetap fokus pada target, hasil yang diinginkan. Hal ini sangat mudah untuk mengalihkan dan menemukan solusi yang tepat. Dengan terus-menerus meninjau hasil yang diinginkan dan memantau hasil kemajuan diri-sendiri, biasanya akan lebih mudah menyadari ketika langkah yang diambil melenceng dari jalan yang seharusnya.
Wow!!! Ternyata logika dan perasaan dapat membuahkan pemecahan masalah yang super sekali.....Selamat mencoba!.

Demikian postingan tentang 5 TIPS MENGATASI MASALAH DENGAN LOGIKA DAN PERASAAN yang bisa aloneartikel tulis, semoga kita semua bisa mengatasi permasalahn-permasalahan yang menimpa pada diri kita dengan sikap dewasa, bijaksana dan sabar. Bukan hanya mengandalkan logika saja atau perasaan saja, namun keduanya kita persatukan untuk bisa mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah. Terima kasih anda sudah berkunjung ke blog kami semoga apa yang aloneartikel tulis bisa bermanfaat semuanya untuk anda, jangan lupa like, koment & share artikel ini kepada semua orang, karena itu merupakan apresiasi anda untuk kami agar kami trus memposting hal-hal yang bermanfaat, tentunya semua itu untuk anda.

2 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    ReplyDelete